Seminar "Moralitas Dunia Baru: Isu LGBT dan Bagaimana Gereja Bersikap"

Isu tentang LGBT telah menjadi isu hangat dalam beberapa tahun terakhir, sehingga gereja pun dituntut untuk mampu menentukan sikap dan pelayanannya.

Pada hari Sabtu (23/04/2016) diadakan Seminar dengan tema "Moralitas Dunia Baru: Isu LGBT dan Bagaimana Gereja Bersikap" dengan Narasumber Mr. Mark McClendon, Direktur Regional CBN (The Christian Broadcasting Network) Asia Tenggara dan Korea Selatan. Hadir dalam acara ini para pendeta sekitar kota Gunungsitoli (BNKP, AMIN, ONKP, AFY), pimpinan STT BNKP Sundermann yang diwakili oleh Puket III, para dosen, pegawai dan mahasiswa STT BNKP Sundermann. Seminar ini diadakan sebagai langkah awal dari kemitraan gereja-gereja anggota PGI di Nias, STT Sundermann dan CBN.

Isu tentang LGBT ini memang menjadi isu hangat dalam beberapa tahun terakhir, sehingga gereja pun dituntut untuk mampu menentukan sikap dan pelayanannya. McClendon dalam paparannya menegaskan bahwa salah satu "tsunami" yang sedang menghantam dunia saat ini adalah fenomena LGBT (Lesbian, Gay, Biseks, Transgender), bahkan di beberapa negara/tempat fenomena ini telah dilegalkan. Tsunami ini paling banyak menjamur di kalangan remaja-pemuda yang sebenarnya memiliki potensi yang luar biasa bagi masa depan gereja dan masyarakat. "Situasi ini tentunya menjadi tantangan serius bagi gereja, oleh karena itu gereja harus mengambil sikap yang radikal, penuh kasih, dan tanpa kompromi", demikian penegasan McClendon di akhir ceramahnya.

Mila Zebua, salah seorang mahasiswa semester 4 Prodi Teologi Kependetaan mengakui bahwa walaupun kajian McClendon kurang komprehensif, namun menurutnya pembahasan akan isu ini dapat menolongnya dalam memahami fenomena LGBT yang semakin menjamur dewasa ini di berbagai belahan dunia, termasuk di Indonesia dan Nias. Diharapkan, gereja-gereja di Nias dan STT BNKP Sundermann melakukan kajian mendalam tentang isu ini, sehingga gereja dapat menyikapi fenomena LGBT ini dengan bijak berdasarkan ajaran kekristenan yang Alkitabiah.

Koleksi gambar untuk tulisan ini
Jenis tulisan:
Berita & Kegiatan
Ditulis oleh:
Pdt. Alokasih Gulo (Ama Ehowu)
Ditayangkan pada:
 
Dilihat
333 kali